Langsung ke konten utama

Bisnis Bakso Malang: Latar Belakang, Modal Usaha, Tips Menjalankannya

  Bisnis Bakso Malang dengan kualitas rasa dan isiannya sudah menjelma menjadi merek kuliner penting di Indonesia. Semua pelanggan mengenalnya, dari namanya saja sudah terbayang satu mangkok lengkap isian dan gurihnya kuah kaldu. Dari konsep jajanan kaki lima sampai dengan skala food court punya pasar tersendiri. Tergantung dari anda sendiri yang ingin mencobanya tanpa ada keraguan untuk memulainya. Memang bisnis bakso cukup banyak konsepnya, tetapi bakso malang lebih komplit isiannya. Ada pentol, mie kuning, sayur, pangsit, dan lainnya. Jadi, konsumen sudah mengetahui betapa lezatnya kuliner ini dengan harga yang sangat terjangkau. Melihat banyaknya rekan di luar sana yang ingin mengadu nasib di bisnis bakso malang dengan perbedaan dengan jenis bakso lainnya maka saya mencoba menulis artikel di blog segeratravelingguys.blogspot.com ini. Semoga tulisan saya ini dapat menambah wawasan untuk rekan pemula sebagai petunjuk. 1. Latar Belakang Bisnis Bakso Malang. Salah satu jenis kuliner y

Sharing Pengalaman Bagaimana Proses Lengkap Operasi Katarak Mata Orang Tua Di Padang Eye Center Menggunakan BPJS [Awal Sampai Akhir A-Z Hingga Pasca Operasi]

Sebenarnya pengalaman ini sudah lebih dari satu tahun tetapi saya sebagai anak dari kedua orang tua yang sudah sepuh berkesempatan untuk membawa beliau melakukan operasi katarak mata di Padang Eye Center [PEC] menggunakan BPJS. Proses yang tidak begitu sulit karena BPJS menanggung operasi katarak mata ini sehingga penglihatan mata orang tua menjadi lebih baik di masa tua dan masih dapat membaca kitab suci Al-Quran setiap saat dengan bening jernih menurut beliau. Keluhan ini sudah lama beliau sampaikan sehingga sebagai anak tentu akan membantu dan sekitar tahun 2018 akhir telah berhasil dan sangat senang melihat beliau membuat hari menjadi ceria dan pastinya beribadah menjadi lebih baik lagi.


PROSES AWAL HARUS DILAKUKAN SEBAGAI PASIEN KATARAK MATA.
Hal yang pertama kali harus diperhatikan adalah pastinya menjadi anggota BPJS aktif tidak ada tunggakan pembayaran iuran, karena orang tua merupakan pensiunan PNS maka masih di tanggung di masa pensiun mereka. Bapak sih dulu seorang PNS tentu saja Ibu juga mendapat keikutsertaan BPJS secara otomatis.

Hal yang harus saya lakukan adalah mengumpulkan kartu yang dibutuhkan yaitu BPJS dan KTP aktif sebagai dokumen resmi awal untuk mengurus semua kebutuhan administrasi. Karena orang tua domisili di Padang Timur Sumatera Barat maka saya harus menuju ke Puskesmas Andalas untuk mengurus rujukan ke Padang Eye Cencer [PEC]. Orang tua saya ikut serta untuk melaporkan kepada petugas keinginan untuk melakukan operasi katarak mata. Prosesnya tidak sulit, setelah melaporkan kepada petugas yang ada di Puskesmas saya harus menunggu giliran. Pada saat itu cukup ramai dan beberapa selang waktu sekitar 10-15 menit orang tua dipanggil masuk untuk melaporkan kepada dokter jaga saat itu.

Komunikasi terjalin antara pasien dan dokter apa yang menjadi keinginan pasien. Orang tua di ukur tinggi, berat badan, hingga detak jantung atau tensi. Setelah semua selesai maka saya dan orang tua menunggu di luar untuk mendapatkan surat rujukan yang diminta. Tidak terlalu lama menunggu nama orang tua dipanggil dan saya langsung menghadap untuk mendapatkan surat tersebut yang akan dibawa ke Padang Eye Center. Prosesnya dari awal sampai akhir di Puskesmas ini sekitar 30 menitan, dan tidak ada kesulitan sedikitpun bahkan petugas sangat membantu keluarga pasien untuk mendapatkan pertolongan.

PROSES PENGURUSAN OPERASI KATARAK MATA DI PEC [PADANG EYE CENTER].
Setelah semua dokumen yang saya bawa dari Puskesmas, BPJS, dan KTP orang tua maka saya langsung mendatangi PEC untuk melaporkan diri bahwa ada keinginan untuk melakukan operasi katarak mata. Setelah itu petugas mencatat nomer giliran dan harus melapor kembali ke petugas admisi yang telah saya dapatkan nomer giliran. Tidak selang lama sekitar 5 menit nomer antrian sudah dipanggil, dan saya dan orang tua mendapatkan dokter yang akan menangani operasi katarak mata nanti. 

Menunggu sekitar 30 menit maka orang tua duduk di kursi tunggu dan saya melapor ke petugas yang akan membantu untuk proses pemeriksaan mata. Pemeriksaan mata awal petugas menanyakan keluhan pasien hingga keinginan pasien. Orang tua diperiksa mata menggunakan alat otomatis untuk mendapatkan hasil positif seberapa kuat persentase katarak yang sudah ada di kedua bola mata. Setelah selesai kembali duduk di ruang tunggu untuk menghadap ke dokter Spesialis Mata untuk memeriksa secara komprehensif dan positif untuk dilakukan operasi katarak yang dijadwalkan dua hari setelah diberikan obat tetes. Dan dokter memberikan surat keterangan dan hari dan jam yang sudah dijadwalkan untuk proses operasi katarak.

Setelah dua hari saya kembali lagi, dan pastinya proses awal tetap dilakukan. Lapor ke petugas mendapatkan nomer antrian kemudian ke adminis. Setelah mendapatkan surat yang menyatakan orang tua untuk siap melakukan operasi maka saya harus melapor kembali ke petugas yang mencatat dan memeriksa berkas orang tua. Diberikan satu bundel surat yang menyatakan layak untuk melakukan operasi katarak mata dan dipersilahkan ke lantai tiga dimana ruangan tindakan berada.

Saya dan orang tua menaiki lift yang tidak jauh dari area admin menuju ke lantai tiga. Tetap melapor lagi ke petugas dan menyerahkan semua dokumen yang dibawa dari petugas lantai satu. Sambil menunggu giliran sekitar 10 menit orang tua dipanggil untuk mendapatkan pra-operasi yaitu diberi obat tetes dan pengecekan lainnya diperlukan untuk mendapatkan informasi awal pasien yang berguna untuk dokter saat melakukan operasi katarak nanti. Pemeriksaan sekitar 5 menit dan saya sebagai anak ditunjuk keluarga yang mengantar menandatangani beberapa berkas yang harus diketahui. Karena ini sebagai administrasi dan syarat yang harus diketahui maka saya membantu untuk menyelesaikannya.

Setelah semua proses semua selesai saatnya orang tua masuk ke ruang tunggu, sekitar 10 menit segera dipanggil masuk oleh petugas untuk melakukan operasi katarak mata. Saya menunggu di luar dan orang tua masuk, semua pakaian yang dipakai diganti dengan pakaian pasien operasi yang ada di dalam. Saya membawa pakaian yang dipakai oerang tua dari rumah dan akan dipakai kembali setelah selesai operasi. 

Lama waktu operasi tidak begitu lama sekitar 15-30 menit saja. Setelah selesai maka saya dipersilahkan masuk ke dalam dan harus melaporkan kembali ke bagian kasir berkas yang harus sampai di sana. Dan ada berkas lainnya dari kasir ke petugas ruangan operasi untuk diserahkan. Setelah selesai sempurna maka orang tua dan saya dipersilahkan pulang dengan kondisi mata orang tua sudah diberikan pengaman berupa pelindung mata dan perban yang melekat di bola mata. Serta petugas juga memberikan obat tetes yang harus diberikan setiap beberapa waktu selama satu minggu penuh.

Obat tetes yang diberikan harus habis semuanya dan setelah satu minggu harus kembali lagi ke PEC untuk melihat progres operasi katarak mata yang sudah dilakukan oleh dokter. Prosesnya tetap sama melapor, admisi, dan menunggu di ruang tunggu kemudian dipanggil. Ada surat yang harus dibawa bahwa orang tua memang ada jadwal untuk pemeriksaan. Progres sangat menggembirakan dan kembali lagi satu minggu mendatang. Setelah satu bulan penuh proses perawatan pasca operasi akhirnya mata orang tua sembuh, dan siap melakukan operasi katarak mata sebelahnya di bulan berikutnya dengan proses administrasi yang sama hanya menggunakan satu surat rujukan dari Puskesmas Andalas Padang saja.

SELESAI SEMUA OPERASI KATARAK MATA.
Setelah proses yang saya lakukan untuk membawa orang tua melakukan operasi katarak mata di Padang Eye Center [PEC] membutuhkan proses waktu sampai dengan +/- 2 bulan sampai treatment selesai. Semua operasi telah selesai kiri dan kanan serta pengobatan setelahnya maka saya memberanikan diri untuk meminta kaca mata ke pihak rumah sakit dan diberikan. Rekomendasi resep mata yang diberikan oleh dokter maka saya bawa kembali ke bagian admisi untuk di verifikasi sehingga keluar lah surat yang menyatakan bahwa orang tua mendapatkan kaca mata gratis berikut dengan gagang dan lensa di optik yang telah ditunjuk bekerjasama dengan BPJS. Rekomendasi ini dapat di pilih salah satu mana yang terbaik dan saya segera menuju ke optik yang ditunjuk. Memang benar saya tidak banyak menambah sejumlah uang untuk mendapatkan lensa dan gagang terbaik untuk orang tua.

Perlu diketahui semua proses operasi katarak mata pihak keluarga tidak mengeluarkan uang sedikitpun dimulai dari proses surat rujukan dari Puskesmas Andalas Padang sampai dengan operasi selesai. Sangat meringankan biaya bagi saya sebagai anak turut berbahagia dan orang tua juga menjadi bersemangat untuk menjalani kegiatan keseharian karena penglihatan menjadi jelas dan semua rutinitas menjadi lebih baik.

SETELAH SATU TAHUN PASCA OPERASI KATARAK MATA.
Setelah satu tahun berjalan penglihatan orang tua menjadi baik dan semua rutinitas menjadi normal. Namanya kondisi orang tua pastinya ada pasang surut penglihatan seperti mata gatal hingga ada halangan penglihatan. Saat keluhan ini terjadi saya juga melakukan hal yang sama meminta surat rujukan kembali untuk mendapatkan treatmen pengobatan. Memang, dokter memeriksa ada benda asing yang melekat di mata dan harus dibuang. Setelah di buang dengan alat khusus dan tetes mata ini maka diberikan obat tetes tambahan selama 2 minggu berturut-turut setiap minggu harus kembali datang bagaimana progres yang terjadi. Jadi, semua treatment yang didapatkan gratis tidak ada pembayaran karena jaminan dari BPJS masuk dalam zona pengobatan.

Semoga sharing pengalaman yang menurut saya cukup lengkap dan panjang dapat memberikan inspirasi bagi anda yang ingin membantu orang tua melakukan operasi katarak mata di Padang Eye Center [PEC]. Proses sangat mudah hanya saja anda harus mengikuti setiap langkah agar waktu yang ditetapkan segera. Lakukan terbaik buat orang tua karena dengan membantu beliau walau hanya menemani sampai selesai operasi telah memberikan kebahagian tersendiri dan menjadi amalan yang dapat anda raih nanti walau tidak sekarang tetapi masa yang tepat. Sharing Pengalaman Bagaimana Proses Lengkap Operasi Katarak Mata Orang Tua Di Padang Eye Center Menggunakan BPJS.

Komentar

Paling Banyak Dibaca Bulan Ini

Colokan Listrik Tiga Negara Favorit Traveler: Singapore, Malaysia, dan Thailand

Negara favorit traveling oleh seorang backpacker adalah Singapore, Malaysia, dan Thailand sudah tentu pasti akan membawa colokan listrik untuk mengisi daya baterai saat gadget sudah habis. Colokan listrik ini sebagai sahabat terbaik saat menghabiskan liburan traveling ini dan digunakan saat berada di hotel untuk mengisi seluruh daya kembali sehingga kebutuhan dunia sosial segera dapat digunakan. Adaptor atau colokan listrik walaupun ukurannya kecil tetapi sangat penting dan vital untuk semua kebutuhan gadget hingga kamera sekalipun akan bergantung dengan benda ini. Jika dilihat dari harganya sangat terjangkau tetapi jika anda lupa akan menjadikan traveling anda mimpi buruk yang tidak akan terlupakan sepanjang masa. Pengalaman yang kami rasakan saat melakukan traveling ke tiga negara {Singapore, Malaysia, Thailand} menjadikan tulisan ini dapat bermanfaat bagi rekan traveler yang pertama kali melakukan perjalanan ini sehingga mempersiapkannya supaya semua gadget yang dibawa dapat mak

Kenapa Kegagalan Bisnis Pertama Kali Oleh Pemula Begitu Menyakitkan, Untuk Bangkit Susah Sekali

  Impian seorang pemula untuk melakukan bisnis adalah sukses dan bisa bangkit dari keterpurukan ekonomi. Bisnis yang dilihat di media sosial  seperti flexing yang tidak habisnya, karena para pemula melihat suksesnya saja tetapi untuk proses yang begitu sulit yang dilalui oleh mereka tidak dilihat secara utuh. Saya juga pernah merasakannya bahkan saat saya sudah melakukan bisnis tetap juga dicurangi tetapi saya tidak mempermasalahkan. Justru pengalaman itu saya bisa lebih bijaksana untuk memilih siapa saja yang bisa diajak berkolaborasi atau tidak. Fenomena yang sangat menarik sekali untuk di buat konten artikel maka di blog segeratravelingguys.blogspot.com ini saya dapat sharing pengalaman. Awalnya memang kegagalan bisnis untuk pertama kali bagi pemula begitu menyakitkan, untuk bangkit begitu sulit sekali. Saat itu memang saya merasakan hal seperti itu tetapi bagaimana mengatasi sakit yang terjadi supaya bisa menatap masa depan. Berikut tahap yang saya lakukan agar supaya tetap bersem

10 Supermarket Populer Terbaik Di Kuala Lumpur Malaysia

Daftar belanja supermarket di Kuala Lumpur Malaysia dengan harga murah dengan promo yang sangat banyak tentu sangat disenangi untuk mendapatkan semua kebutuhan keseharian dengan jumlah barang yang sangat lengkap. Kebutuhan supermarket murah di Kuala Lumpur tentu sangat banyak dicari baik penduduk lokal hingga para turis untuk mencari semua kebutuhan yang tergabung dalam konsep hypermarket atau big supermarket. Jadi istilahnya grocery store shopping yang akan selalu dilakukan karena lokasinya di pusat kota, mall, hingga kenyamanan yang sangat tinggi untuk mendapatkannya maka supermarket menjadi pilihan terbaik saat berada di Kuala Lumpur Malaysia.